Warung Bakmi Pak H Dul

Nama bakmi jawa ini adalah Warung Bakmi Pak H. Dul. Tapi meskipun nama warungnya warung bakmi, disini juga menjual masakan chinese food mulai nasi goreng, cap jay, kulit goreng, bakmoy, dan masih ada menu lain. Buat kalian yang was-was makan chinese food disini tenang aja, karena halal kok jadi nggak perlu ragu.

Warung Bakmi Pak H Dul ini lokasinya berada di Jl.Ronggowarsito, cukup mudah dicari karena berada di kota dan tulisannya cukup besar. Warung ini jarang banget sepi karena memang sudah lama, sejak tahun 1980. Sebenarnya yang membuat warung bakmi ini terkenal selain cita rasanya yang enak adalah, warung ini merupakan langganan Pak Jokowi sejak dulu. Nah sebelum Pak Jokowi warung bakmi ini sudah terkenal di era Pak Suharto. Bahkan katanya dulu Pak Dul pernah di bawa ke Istana Negara untuk memasakan makanannya untuk Pak Suharto. Dan tak sampai disitu saja, para menteri dan petinggi nasional juga kerap beberapa kali ditemui makan bakmi di di warung Pak Dul ini. Wah kalau kayak gini sih nggak usah diragukan lagi lah ya gimana rasanya.

Kali ini karena kami datang 3 orang jadi kami pesan masakan yang berbeda-beda. Yang pertama tentu saja kami pesan bakmi, satu bakmi kuah dan satu bakmi goreng. Selain bakmi kami pesan capcay, nasi goreng, dan ada menu lain. Nah kalau makan disini kalian harus sabar menunggu ya, karena satu menu dimasak sendiri-sendiri dan yang pesan juga banyakk jadi cukup lama. Dan disini masaknya menggunakan arang jadi aroma dan cita rasanya akan berpengaruh ke masakannya.

Kita bisa melihat proses memasaknya. Ada panci berukuran sedang yang nantinya akan digunakan untuk memasak. Disini bisa kita lihat kalau makanannya menggunakan daging dan sayuran yang masih segar yang bikin bakmi makin enak.

Setelah menunggu kurang lebih setengah jam akhirnya menu yang kami pesan datang. Pertama tentu saja saya mencoba bakminya. Bakmi kuah ini berwarna putih keruh, jenis mienya mirip mie aceh atau mie spaghetti itu. Lurus dan gendut. Pertama nyobain kuahnya terasa pas, nggak terlalu kental dan asin tapi tetap terasa gurih, gurih dari bawang putih ya kalau di  lidah aku. Di dalamnya ada sedikit sayuran, ayam dan telur. Kalau yang bakmi goreng warnanya tentu saja kecoklatan khas mie goreng pada umumnya. Bakmi goreng ini masih menggunakan jenis mie yang sama, dan meskipun mie goreng rasa bumbunya tetap terasa dan meresap. Kalau disuruh pilih bakmi goreng atau bakmi rebus saya nggak bisa. Karena keduanya sama-sama enak dan bikin nagih! Untuk capjaynya juga kelihatan enak, jenis sayur yang digunakan cukup banyak dan dimasak dengan tingkat kematangan yang pas, jadi nggak terlalu lembek.

Untuk keseluruhannya, saya suka dengan masakan disini. Rasa, tekstur dan tempatnya cukup nyaman. Mungkin ini ya yang membuat banyak orang bahkan para petinggi suka makan disini, karena rasanya memang benar-benar enak. Selain enak harga yang ditawarkan juga terjangkau, jadi kalian nggak perlu khawatir.

Artikel Asli https://www.gotravelly.com/culinary/detail/1082-warung_bakmi_pak_h_dul__kuliner_kaki_lima_yang_digemari_presiden

Leave a Comment